SMP Negeri 1 Demak

The Most Fave School in Kota Wali, Demak

Monitoring Guru Tersertifikasi

Posted by smp1demak pada 11 Januari 2010

Alhamdulillah, pada tanggal 11 Januari yang lalu beberapa guru tersertifikasi sudah m"Webmaster"elaksanakan tugas monitoring dengan baik dan lancar. Sebagai guru yang dimonitoring seperti biasanya muncul perasaan cemas, was-was dan khawatir. Hal ini muncul sebagai akibat kurangnya persiapan para guru dalam mempersiapkan materi monitoring. Sebenarnya, perasaan was-was tersebut bisa dieliminasi apabila guru memiliki prinsip (1) bekerja taat azas dan (2) tidak ada kesempurnaan di dunia ini.

Pertama, bekerja taat azas. Apabila guru sudah melaksanakan tugas guru dengan baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsi maka seberapa pun sering diadakan monitoring guru akan selalu siap. Tugas pokok dan fungsi guru yang dimaksud adalah merencanakan pembelajaran (yang dibuktikan dengan membuat perangkat pembelajaran, meliputi: Kaldik, Prota, Promes, Rincian Minggu Efektif, Silabus, dan RPP); melaksanakan pembelajaran (yang dibuktikan dengan adanya jurnal/agenda mengajar (ingat! bukan agenda kelas), melaksanakan evaluasi pembelajaran (yang dibuktikan dengan adanya daftar nilai yang berisi daftar nilai
ulangan harian dan analisis hasil ulangan harian). Ingat: analisis ulangan dilaksanakan untuk semua ulangan harian dan untuk semua kelas. Asumsi bahwa membuat analisis hanya cukup sekadar contoh saja tidak lagi berlaku bagi guru tersertifikasi. Bukankah memang sudah seharusnya analisis nilai itu dimonitoring dari segi keterlaksanaannya bukan dari sekadar kemampuan pembuatannya.

Tugas guru selanjutnya adalah melaksanakan remidi yang dibuktikan dengan adanya nilai remidi dan analisis nilai remidi. Nilai remidi perlu dianalisis karena berfungsi memberikan feedback bagi guru dalam menentukan perencanaan pembelajaran selanjutnya. Selain remidi, perlu juga diadakan pengayaan bagi siswa yang sudah melampaui batas ketuntasan. Pengayaan dilakukan dengan bentuk penugasan. Hasil pengayaan supaya didokumentasikan atau dijilid rapi.

Jangan lupa pula mendokumentasikan semua soal-soal yang pernah dipakai dalam kegiatan ulangan harian dan remidi. Juga, siapkan semua media pembelajaran dan pengembangan profesi yang dimiliki.

Kedua, tiada yang sempurna didunia ini. Kalau kita sudah melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan tupoksi guru berarti kita siap untuk dimonitoring kapanpun dan oleh siapapun. Namun demikian, segala upaya yang telah kita rencanakan dan kita laksanakan dengan sebaik mungkin pastilah memiliki kelemahan dan kekurangan. Untuk itu kita harus ikhlas membuka diri terhadap segala kritik dan saran yang membangun dari semua pihak demi kesempurnaan dimasa mendatang.

3 Tanggapan to “Monitoring Guru Tersertifikasi”

  1. Wah dimonitoringnya waktu mengajar ya, Pak? Terima kasih infonya, sekolah saya belum dimulai monitoring guru sertifikasi, baru audit sertifikasi dari provinsi Jawa Tengah. Intinya sih guru harus mengajar dengan baik, menyenangkan, profesional mau ada monitoring atau tidak sama bagusnya. Demikian juga sudah sertifikasi atau belum tetap rajin mengajar, dedikasi tinggi, kreatif sehingga pendidikan di Indonesia meningkat kualitasnya. Anak-anak Indonesia menjadi anak yang cerdas, percaya diri, berani berpendapat, punya jiwa kewirausahaan, demikian Pak pendapat saya. Dari jendelakatatiti.wordpress.com.

  2. smp1demak said

    Untuk kali ini, monitoringnya berisfat wawancara dan dilaksanakan diluar kelas. setelah itu guru diberi kesempatan untuk memperbaiki kelemahan sesuai dengan saran dan masukan dari tim monitor. Tahap berikutnya baru akan dilaksanakan monitoring proses pembelajaran.

  3. Sri Hari said

    informasi yang bagus,bisa diteruskan dengan info-info lain yang juga bermanfaat bagi teman sejawat.Exis truss…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: